Tuesday, May 16, 2006

TPA Mekar Asih

Lokasi:
Gedung Depdiknas, Jl. Jend. Sudirman
(Sebelah Ratu Plaza)
Jam Buka:
Senin s/d Jumat
08.00 s/d 16.00
Biaya:
Biaya Pendaftaran: 500.000 (untuk bulanan)
Harian: 35.000/hari (tanpa biaya pendaftaran)
Bulanan: 400.000 / bulan
Biaya telat dijemput: 2.500 / 15 menit
Syarat Administrasi:
Tidak ada
(hanya mengisi formulir pendaftaran)
Usia Anak yang diterima:
1-5 tahun (syarat: sudah bisa jalan)
Fasilitas:
Tempat tidur, Tempat bermain indoor dan outdoor, Kamar Mandi,
Dapur, Ruang Makan.
Tempat bermain indoor dibagi-bagi pertema, ruang mandi bola&balok-balok,
ruang melukis/menggambar, ruang peran (pura-pura) --> Mainannya banyak lhoo!!
Menu Makanan:
Anak mendapatkan makan pagi, makan siang, dan snack sore
Toilet Training:
Ada toilet training
Sistem yang dipakai:
Group Routine
Barang Pribadi yang dibawa:
Perlengkapan baju dan celana, susu dan botol susu, handuk
Pengalaman disana:
Aku membawa anakku Athalla (15 bulan) bersama embaknya kesana.
Aku pede banget dapet makan pagi, jadi aku membawa athalla tanpa sarapan.
ternyata, sampai disana jam 08.00, masih sepi sekali. Sayangnya, aku minta
sarapan buat athallah ga dikasih. Katanya, tunggu anak-anak yang lain, dan
kita akan sarapan bareng-bareng. Huaaa..kasian banget, padahal athalla sudah biasa
sarapan jam 7.30.
Aku minta cemilan juga ga dikasih.
Katanya, anak-anak tidak dibiasakan untuk ngemil
Akhirnya aku dan embaknya hunting makanan.
Untungnya, diseberang TPA ada koperasi
pegawai yang sudah buka, akhirnya aku beli wafer, dan sejenisnya untuk cemilan athalla.
Jam 8.30, aku pamit untuk ke kantor. Sampai dikantor, telpon embaknya, belum sarapan juga. Akhirnya sarapan diberikan jam 9.30. Huaaa...
Ternyata, menunya adalah Nasi dan Sayur Asem. Waakss...padahal athallah masih makan
nasi Tim (baru belajar makan nasi lembek).
Jam 10.00 ada acara senam/joget bersama. Athallah seneeeeng banggets. Dia langsung
joget-joget dengan riang gembira. tapi dirumah athallah sudah tidur, walhasil dia sudah mulai
mengantuk. Acara lalu dilanjutkan (untuk anak yang lebih besar 3-5tahun) sambil duduk di kursi dan meja (seperti di preschool), tapi athallah sibuk maen kesana kemari.
Ternyata, waktu tidur disitu adalah jam 12.00, setelah makan siang. Walhasil, Athallah
reweeel sekali. Dia tidak mau makan, dan akhirnya tertidur tanpa makan.
Jam 12.30 Aku maen kesana, suasana di TPA sepi sekali, lampu dimatikan. Anak-anak sedang tertidur. Sebelumnya ada acara mendongeng sebelum tidur.

Aku minta embaknya untuk beli makanan instan di Carrefour (untung sebelahan), secara Athallah belum makan.
Jam 14.00 Bangun, dan mandi. Acara bebas sampe dijemput
Jam 16.00 Aku jemput Athallah deh.
HASIL REVIEW:
Sebenarnya, TPA Mekar Asih lumayan lah, apalagi ada kegiatan terpimpin (acara bersama)
tapi kurang friendly dengan anak yang berusia dibawah 2 tahun.
Menu makanan untuk anak dibawah 2 tahun disamakan dengan yg lebih besar alias tidak disediakan, tapi kita (orangtua) juga tidak diberitahu. Kalau diberitahu, mungkin lebih siap, karena akan menyiapkan makanan sendiri.
Mbaknya Athallah juga cerita, kalau dapurnya kurang bersih, dan ibu-ibu disana kurang usaha supaya anak-anak bisa makan lebih banyak (kalo anak tidak mau makan lagi, ya sudah).
Oia, satu lagi...ternyata toilet training yang dimaksud hanya diperuntukkan anak yang sudah bisa bicara (bilang "ee' atau pipis")
TIPS:
Kalau ingin di TPA Mekar Asih, anak harus sudah sarapan dari rumah terlebih dahulu,
untuk anak yang lebih kecil, bawa makanan sendiri dan siapkan diaper atau popok kain.

2 Comments:

Blogger Syifa said...

Mbak.. bagus banget nih blog-nya sangat berguna buat ibu-ibu bekerja termasuk buat saya :D

thx

5:22 PM  
Anonymous bunda na lala said...

mba', thx banget looh buat blog nya.. kebantu aku banget yang lagi bimbang.. *taelaa...
ehm yang jadi pertanyaan, sekarang atala masih di TPA mekar Asih ndak? trus biaya ada perubahan ndak? thx yaaa

3:11 AM  

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home