Thursday, June 01, 2006

TIPS Meninggalkan anak di TPA

Ini aku dapet dari Mbak Ika dan Mbak Ellin, yang anaknya dititip ke TPA KEEN KIDS:


mbak ellin & mbak ika,
numpang nanya doong..
aku kan rencananya mau titip atala setiap selasa dan kamis di TPA,
tadinya aku berencana 1-2minggu pertama ditemenin gitu seharian (2-4x -- bukan sama aku)
apa ga perlu segitunya ya?
baiknya gimana ya?
mau dong tips2nya



Mbak Ellin:


Wiwiet..

Mungkin kalau tempat tpa nya purely lingkungan baru, ga ada salahnya ditemani seharian, tapi minta tanya dulu kali sama pengurusnya, boleh ngga, takutnya... menimbulkan keirian anak lain, jadi pengen ikut ditungguin mama nya juga, ntar jadi runyam deh, hehehe...

Anyway, dulu sih sebelum masuk day care, waktu masih ada bs nya, pulang sekolah radith suka ikutan makan siang di day care, dengan ditemani bs nya, biar ngga nyusahin kakak2x pengasuh di day care, abis kan aku belum mulai bayar day care saat itu, Abis makan siang, pulang. Jadi saranku sih, daripada ditungguin seharian, lebih baik kita kenalkan pelan2x aja suasana day care ke si kecil, misalnya diajak buat makan pagi n main2x disana sebentar terus pulang, atau diajak untuk makan siang disana sebentar terus pulang, dll, ngga langsung full seharian disana. Dengan ngga full seharian kita tungguin, tapi sebentar2x aja, mudah2xan jadi ngga terlalu mengganggu penghuni day care lainnya

Salam,
Ellin - mama nya Radith

Mbak Ika:

Saran aku Wiet,
jangan lama2 nungguin anak di TPA. Dengan catatan, kamu yakin di TPA itu Atala bakal diurus (walopun ngga sesempurna diurus sendiri), dia ngga bakal kelaperan, dan tempatnya aman, ngga semua orang bisa nyomot anak...kalo dititipin setiap hari emang lebih gampang nyesuain diri, tapi ngga papalah klo ngga tiap hari juga... Tapi secara umum tipsnya ya sama aja... Perlu diantisipasi juga masa2 separation anxiety (ada yang sampai 3 tahun loh)
Jadi, kamu datang (klo bisa pagian supaya kamu bisa lebih santai, karena klokita kemrungsung (suntuk) anaknya juga ngerasa)... trus dipoerkenalkan dengan para kakak pengasuh, blabla dikit lah, trus tegasin aja klo Atalahari ini harus di TPA karena ibu mau kerja, nanti sore ketemu lagi... Udah..gitu aja... paling2 dia nangis lah.. Tapi pengalaman yang udah2, nangisnyacuman bentar kok... Lagian TPA waktunya lebih panjang dari sekolah kan?penyesuaian dia dengan pengasuh2nya lebih mudah, ketimbang dengan guru yang jangka waktu8nya cuma 2-3 jam sehari..

c/ika

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home