Friday, June 02, 2006

Survei TPA Kania Nanda, Oleh Mbak Ari

Nama TPA: Kania Nanda
Lokasi: Departemen Pertanian, Pasar Minggu

Mbak Ari said:

Gara-gara ibu-ibu di FM minggu2 ini lagi getol ngomongin TPA (daycare),
nah iseng2 hari selasa kemarin aku bedua temen survey ke TPA Kania Nanda yg ada di Dept. Pertanian - Ragunan, secara itu paling deket sama kantor gue..

First impression udah mulai ga enak, begitu masuk aku ngeliat anak umur kira2 3taonan,
lagi tidur2an sambil nyusu dibotol sendirian, terus kasurnya ditaruh dibawah engga pake seprei, cuma tuh kasurdilapisin perlak plastik, jadi kasurnya tuh besar & bisa muat beberapa anak..

Nah di ruangan besar itu ada 2 kasur besar, kasur pertama yg ditempati anak yglagi nyusu sendiri itu,terus kasur yg kedua ada 2 anak batita, yg satu lagi tidur nyenyak sambil selimutan, nah yg satu lagi lagi nyusu di dot, tapi belom bobo sambil ngerengek...

*mata gue udah mulai berkaca-kaca,krn gw ga liat 1 orang pun pengasuh yg nemenin*.

Pindah ke kamar, disitu ada beberapa box bayi, & 2 tempat tidur, di salah satu tempat tidur ada anak yg lagi tidur pules sambil tengkurep, tapi posisinya itu udah dipojok banget nempel ma tembok gitu..duhhh..Nah pas aku ngelongok box bayi (yg terbuat dari kayu & lumayan tinggi) disitu dibuat semacam ayunan dari kain gendongan (kain panjang emak2 yg motif batik tea), jd ayunan itudiiket ke ujung2 box maka terbentuklah ayunan...

pas gw liat..bowww ada bayiii lagi tidur puleessss...*aduh air mata gwudah mulai netes...*
sekali lagi diruangan itu ga ada 1 orang pengasuh pun yg nunggu..padahal dalamruangan itu ada 2 or 3 bayi yg lagi bobo & diayun diatas box bayi...duhhh...

Terus pindah ke kamar (kayaknya sih kamar ganti baju ya) ganti baju, disitu ada anak cowok kira2umur 3 taonan kaga pake celana (entah tuh anak mo pipis, udah pipis, or mo ngapain ga ngerti deh) tuh anakmondar-mandir sambil ngeliatin gue sama temen gue, tapi tanpa ada si pengasuh yg nanya ...

Pindah ke kamar mandi yg gedeeee banget, nah kamar mandinya nih bersihsih...cuma kaga ditutup pintunya..klo ada batita yg nyelonong masuk terus kepeleset gimana dong ???

Pindah lagi keluar gedung, disitu ada semacam taman yg ada mainannya antara lain ayunan, prosotan, jungkit2 dll..tapi bowww sekali lagi kaga ada 1 orang pun pengasuhnya yg ngawasin, secara gwngeri banget ngeliat seoranganak yg lagi naik ayunan sekenceng-kencengnya..duhhh...klo ada batita yg nyelonong & diri di depan ayunanterus kehantem ayunan tea pegimana coba ??? tapi kayaknya yg main diluar tuh anak2 yg udah rada gede sekitar4 tahonan keatas, jd mungkin mereka (pengasuh) berfikir tidak perlu diawasinya...

tapi bu ibu..pintu keluar menuju taman itu tidak ditutup, gimana klo (sekalilagi) ada batita ygnyelonong keluar...duhhh...Udah setelah ngeliat itu gw tanpa permisi (krena emang kaga ada orang buat dipamitin, kayaknyaorang2 pd sibuk didapur), gw ma temen gw langsung cabut dehh...langsung teringat anak masing2dirumah..duhh...Maka gw langsung berfikir apa emang TPA punyanya pemerintah or yg dikelolapemerintah seperti itu ya..Sorry ya curhat gw ini bukan bermaksud menjelek-jelekkan salah satu TPA or bikin ibu-ibu takut buat nitipin anak2nyadi TPA, tapi krn gw kaget aja, koq jauh banget dari bayangan gue ya...

Salam,Ari - Bunda Fathiya

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home