Monday, August 27, 2007

6 bulan di tempat penitipan anak UNJ Rawamangun

Bulan ini sudah 6 bulan atala di UNJ Ramawamangun, walaupun tidak tiap hari dititip kesana. Tepatnya, 6 bulan sudah atala dititip bergantian antara akek-inek dan daycare. Waktunya ga tentu, kadang-kadang dalam seminggu ga dititip sama sekali, kadang-kadang malah setiap hari dititip, tapi biasanya sih seminggu bisa 2-3 kali. Maklum, walaupun akek-inek sudah pensiunan, tapi mereka cukup mobile juga. Yang mengantar selalu si inek/akek, sampe-sampe kakak pengasuhnya pada penasaran, mana sih ibunya? sepertinya mereka sudah ga ngeh kalau dulu awal-awal disana kan emaknya sempet nungguin/ngeliatin gituw, hehehe. Abisnya, jam masuknya jam 8 dan jam 4 sudah harus dijemput, mana bisalah emaknya ini yang mengantar-jemput setiap hari.

Bagaimana atala disana? secara umum aku sih puas-puas aja. Atala cukup senang disana, dan sekarang, kalau dititip sudah dadah-dadah aja sama akek-ineknya. Anak-anak disana ga banyak, paling-paling hanya sekitar 10 orang, jadi aku senang, karena sebenarnya aku lebih suka daycare ukuran kecil ketimbang yang anaknya banyak. Tempatnya banyak mainan --khususnya educational-- baik indoor dan outdoor. Tempatnya juga lumayan sederhana, jadi ga "wah" gitu deh. Sepertinya gara-gara disana juga Atala jadi fasih mengucapkan "ma'acih" (terima kasih), setiap dikasih barang dan assalammualaikum, setiap kali masuk ruangan.

Plus yang lain, aku jadi tidak bergantung pada pembantu/babysitter yang bukan rahasia lagi lebih sering bikin pusing kepala aja. Atala juga jadi tambah dekat dengan akek-ineknya. sesampainya dirumah, atala pun masih tetap full 100% dipegang ayah-mamanya, jadi sama ortunya juga tetap lengket.

Cuma memang betenya, pengasuh UNJ kebanyakan adalah para mahasiswa jurusan PAUD (pendidikan anak usia dini) yang sibuk belajar, jadinya daycarenya banyak liburnya. Minggu ujian akhir, libur. Bulan mahasiswa libur panjang, libur juga. Hallaa.... Ada sih ibu2 disitu yang bilang, karena disitu penanggungjawabnya memang anak PAUD yang sudah lulus (emang staf gitu), sebenarnya bisa janjian untuk tetap dititip (jadi paling hanya 1-3 anak saja yang dititip dengan 2-3 kakak yang memang benar2 "kerja" disitu). Tapi sepertinya agak ribet kalau ga ada orang khusus yang mengantar (misalnya kakek/neneknya) ya.

bete yang lain, catatan hariannya itu lhow, ga bisa diandalkan. Bentuknya kertas laporan lembaran gitu, jadinya harus diminta (bukan buku), dan inek seringnya lupa ambilin. Dulu sih aku sering banget ngingetin, tapi akhirnya menyerah juga. Abis, laporannya juga ga bisa diandalkan. Sebenarnya sih, selain aku ingin tahu atala ngapain aja disana, juga karena aku ingin tahu atala dikasih makan apa (walaupun hanya makan siang). Bukan apa-apa, kalau sampai ada reaksi alergi kan aku bisa tau ya...tapi isi laporannya hanya seperti ini: nasi+ayam+sayur...lha...itu ayam diapain? sayurnya sayur apa? pokoknya ga jelas gitu.

sebenarnya aku ingin kesana dan ngobrol2. maklum, mumpung mereka anak PAUD, tentunya ada "ilmu" tentang anak usia dini, jadi mungkin kami bisa sharing. Aku masih cari waktu nih.

Yang paling atala sukai disana adalah waktu bergantian main educational games di komputer. Wah, dia seneng banget. Waktu akek jemput, dia sampe surprise banget lihat atala sudah hampir gape memainkan mousenya. Kakak-kakak pengasuh disana sampai menyangka dirumah atala terbiasa dengan komputer, padahal sih komputer dirumah udah lama rusak...hehehe.

1 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Makasih mbak atas infonya, bermanfaat bgt sy jd agak PD ninggalin Naya di daycare.
Nayyara 11 bln jg saat ini saya titip di TPA. Awalnya saya sempat bingung, dan ragu apakah TPA itu baik untuk anak saya?tapi pengalaman buruk saya sama pengasuh anak bikin saya jd parno jg dan ga percaya lg ma pengasuh.
Nayya skr saya titip si TPA dr Soetomo Surabaya.setelah searching 3 tempat ya itulah yg lebih memuaskan tempatnya. mmg berat jg awalnya ninggalin Naya. apalagi saya ma Naya cuma ber2 saja di Surabaya.Tadinya Naya mau sy tgl di Bandung dgn neneknya, tp dy msh butuh ASI jg dan ga kebayang hidup tanpa Naya, udah 3 th nunggu dpt anak koq skr terpisah jg jd gmn gt...repot juga memang,, Pagi saya hrs anter sblm berkt kuliah, pulang kuliah saya jmpt lagi. tapi saya mmg menikmati peran as a mother. Walo pun repot enjoy aja.
kl ada info lg ttg TPA di wilayah Surabaya minta info nya ke azka_rhea@yahoo.com
ke email ato FS jg bisa
thanks bgt ya...
wassalamu'alaikum wr wb

10:59 PM  

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home