Sunday, July 02, 2006

Pengalaman nitip anak di TPA (mbak ika)

pengalaman nitipin anak di daycare?
hmmm... aku udah nitipin aida di daycare dari dia masih 5-6 bulanan... sempat off dari daycare, dan stay di rumah dengan BS, tapi lalu aku masukin daycare lagi...sampai sekarang, dia umurnya 3 tahun 2 bulan...keputusan masukin anak di penitipan udah ada dari anaknya masih diperut :D, tapi baru masuknya umur 5-6 bulanan, karena terus terang aja, maternity leave aku sampai 6 bulan, walopun tiap 2 kali seminggu setor muka ke kantor juga :D.

Awalnya yang harus disiapin, selain dana, adalah mental. Karena nitipin anak di TPA (bahasa indonesianya day care) masih juaaraaaaaaaaaang banget, dan kultur masyarajkat indonesia tuh kan masih yang segala2 keluarga, segala2 apa kata orang... Jadi mental bener2 harus disiapin.. Pasti ada pertanyaan: kasian kan anaknya dititipin di tempat asing, dll... Jadi kalo emang kita udah bulat tekad mau masukin ke daycare, dengan sudah memperhitungkan baikburuknya, tinggal meyakinkan diri aja, masalah lingkungan dan keluarga bisa beres kalo kitanya udah yakin sama diri sendiri....

kenapa aku masukin anakku di daycare? karena aku mau belajar mandiri, dan aku mau anakku belajar mandiri juga... Aku pernah pakeBS, dia masuk jam 8 pagi, pulang jam aku pulang kantor, sekitar jam8-9 malem, hari sabtu, minggu dan libur dia libur juga... Tapi karena satu dan lain hal aku memutuskan untuk tidak pake BS lagi,daripada bete, capek hati mendingan capek badan deh, kalo aku loh...yang perlu diingat, sebelum nitipin anak, di tempat itu ada banyak anak dan bayi, sekitar 20 anak... untuk 1 bayi (kalo ditempat anakku dipegang sama 1 orang pengasuh), kalo toddler udah 2 anak satu pengasuh... kadang2 yang jadi sumber ketidakpuasan adalah standar, kita pasti punya standar tertentu dalam mengasuh anak,setiap orang beda2, disinilah perlunya komunikasi sama pengasuh dan supervisor di daycare tsb. Kita juga ngga boleh 100% nyerahin segala2nya ke daycare itu, prinsipnya sih biar di daycare atau samaBS kita ngga boleh 100%, 50 % udah bagus banget..

pernah ada cerita orang yang akhirnya menarik anaknya dari penitipan karena menurutnya sejak dititipkan anaknya dikit2 sakit...sebenernya kita ngga bisa gitu aja nyalahin daycarenya, kita juga harus aware sama kondisi anak kita sendiri... karena daycare yang bagus selalu punya ruang isolasi buat anak sakit, dan seringnya anakyang sakit ngga dititipkan ke daycare. Masalah jarak tempuh dijakarta ini bisa bikin kondisi badan turun, apalagi untukbayi/anak2..So far sih, pengalamanku nitipin Aida di sana baik2 aja.. Intinya memang komunikasi.

Sempat ada masa2 dimana si anak ngga mau pisah(separation anxiety), tapi ngga lama.. Emang disitu "ujian"nya...Yaa kita aja yang harus konsisten, jadi orangtua harus konsisten toh?? Pengalaman aku waktu Aida ngalamin masa2 itu yaa emang sedih ninggalin anak nangis2, tapi pernah aku balik lagi 10 menit setelahnya, aku ngintip ternyata dia udah ketawa2 dan main2 :D. Masuk umur 2 tahun udah deh.. lancar banget.. malah kadang2 ngga mau pulang..:((

kegiatan di daycare anakku macem2, dari berenang sampai "masak",dari nyanyi dan musik sampai story telling kisah2 teladan. Terusterang aja, anakku termasuk mandiri di umurnya yang 3 tahun..Kadang2 masih adalah manjanya ke kita, tapi dia mandiri banget..Berapa kali aja aku terpaksa bawa dia ke kegiatan aku, aku udah siapkan bekal makanan dia dalam satu tas, kalo dia lihat aku sedang sibuk, dia akan buka sendiri tasnya, dia cari yang dia mau dan makan sendiri... Soal kemudian berantakan yaa biasa.. ngga papa, klo aku udah selesai pasti aku bantu juga..Secara umum, pengasuhan didaycare itu sesuai dengan pengasuhan aku, misalnya disiplin di mejamakan, waktu tidur dll, jadi klop lah...Rencananya nih, bulan juli nanti dia mau aku masukkan ke Pre-K ditempat yang sama juga.. mudah2an sih dia mau yaaa...

heheheheee..c/ika-mamanya aida---

In Funky_mom@yahoogroups.com, sarie febriane wrote:>>">vebrian@y...>wrote:>>

Hallo ibu2..! Saya, sarie (28 thn), anggota baru di milis ini. Ibu bekerja yangbaru punya satu teman kecil (perempuan), namanya Arundhati, umurnyabaru 9 bulan. Sekarang, Junior (panggilannya) baru aku coba kenalkan dengan daycare di Keenkids, Park Royale. Waktu nyoba sehari beberapa waktu lalu, kelihatannya dia suka-suka aja. Ada yang punya pengalamanmenitipkan anak di day care, enggak? Kalo iya, bagi2 cerita dong... Trims banget buat Mbak Ika yang udah ajak gabung di milis daninformasi day care nya...

Tabik,
sarie

0 Comments:

Post a Comment

<< Home